Inilah Tanda dan Gejala Stress Pada Wanita

 On Rabu, 25 September 2013  

Stres sering dialami banyak orang karena gaya hidup masa kini yang serba cepat. Dengan cara yang sederhana, Stress dapat didefinisikan sebagai keadaan mental yang diakibatkan dari ketegangan. Hal ini dapat dialami oleh pria maupun wanita. Tapi wanita lebih lelah ketika mereka menghadapi situasi stres. Stress berlebih dapat menyebabkan kondisi mental lainnya seperti kecemasan dan depresi.

Penyebab Stress Pada Wanita

Dalam sebagian besar kasus, perempuan menderita stress berlebih karena mereka melaksanakan peran ganda pada saat yang sama, seperti mengelola pekerjaan, keluarga, keuangan, dll Seperti disebutkan di atas, mengidentifikasi penyebab dan gejala stres dapat membantu dalam mencari jalan keluar . Setiap masalah yang berkaitan dengan kondisi berikut dapat menyebabkan stres pada wanita.

- Masalah Pekerjaan
- Masalah dalam hubungan
- Masalah keuangan
- Kesendirian
- Masalah kesehatan
- Kehamilan
- Tekanan teman sebaya
- Kematian orang dekat

Gejala Stress Pada Wanita


Hal ini juga harus dicatat bahwa stres mengurangi kekebalan, yang dengan sendirinya dapat menyebabkan masalah lebih lanjut. Oleh karena itu, gangguan stres dan kesehatan membentuk lingkaran setan. Tidak semua gejala yang disebutkan di bawah ini terjadi pada semua wanita. Jumlah dan keparahan gejala bervariasi dari satu orang ke orang lainnya.

Gejala Fisik:

Ketegangan, sakit kepala dan menangis adalah gejala yang paling menonjol pada wanita. Frekuensi dan durasi sakit kepala bervariasi dari orang ke orang. Selain sakit kepala, gejala lainnya seperti sakit punggung atau kram perut. Gejala utama lainnya adalah insomnia, yaitu kurang tidur. Jika seorang wanita menderita stres berlebih, dia tidak bisa tidur dengan baik di malam hari. Hal ini bahkan dapat terjadi selama beberapa malam yang akibatnya menghasilkan sakit kepala parah dan lekas marah. Mungkin juga menderita siklus bulanan tidak teratur, tekanan darah tinggi, sakit maag, migrain, rambut rontok, penyakit kulit, dan lain-lain, karena stres.

Gejala stres lainnya pada wanita adalah diare, sesak di dada, kesulitan bernafas dan kehilangan minat seksual. Terkadang, gejala-gejala tersebut memiliki hasil yang lebih dalam pada kesehatan dan pikiran seorang wanita. Dia mungkin memiliki pikiran yang konstan tentang kematian, mengembangkan kecenderungan bunuh diri, mulai merokok atau meminum alkohol atau bahkan obat-obatan. Penyakit kulit, ruam, berat badan turun juga dapat menjadi reaksi yang disebabkan karena stres pada wanita.


Gejala Perilaku:

Pemarah merupakan salah satu tanda-tanda perilaku yang paling umum dari stress. Siksaan ini sering diikuti dengan gejala emosional dan perilaku lainnya seperti kemarahan, perubahan suasana hati dan menangis. Khawatir, kesulitan dalam konsentrasi, frustrasi, dll, juga dialami ketika seorang wanita berada di bawah tegangan konstan. Gejala-gejala ini dapat menyebabkan reaksi negatif seperti kecurigaan, sering marah, pelupa, rendah diri dan depresi. Kehilangan nafsu makan, atau makanan berlebih juga merupakan tanda-tanda stres.


Manajemen Stres untuk Perempuan

Ketika wanita menyadari gejala-gejala stres, mereka dapat menemukan cara untuk mengatasinya. Dalam sebagian besar kasus, setelah menerapkan teknik self-help terbukti efektif dapat membantu dalam mengurangi stres. Berikut adalah beberapa teknik yang efektif untuk manajemen stres.

- Dukungan dari keluarga dan teman-teman secara signifikan dapat membantu dalam manajemen stres. Alih-alih menjadi kesepian, jika Anda berbagi masalah dengan orang-orang dekat, Anda memiliki kemungkinan lebih rendah menderita gejala yang disebutkan di atas.

- Anda harus ingat bahwa situasi stres muncul dalam kehidupan semua orang, dan, dalam rangka menghadapi mereka, harus memiliki sikap positif. Dalam sebagian besar kasus,  ketika dalam situasi stres, orang cenderung melihat setiap hal diluar proporsi.

- Diet dan olahraga memainkan peran penting dalam mengelola stres. Meditasi dan yoga juga populer untuk manajemen stres, khususnya,latihan pernapasan sangat efektif dan dapat dilakukan di rumah, di mobil atau bahkan di tempat kerja.

- Perempuan harus mengambil istirahat dari rutinitas.
Menyalurkan hobi secara teratur juga bagus untuk mengurangi stres besar. Kegiatan sederhana seperti menghabiskan waktu dengan keluarga, jalan bersama teman-teman atau pijat relaksasi dapat membantu dalam mengurangi stres dan ketegangan.

- Mengikuti metode sederhana seperti diet seimbang, tidur malam yang baik, menghindari penundaan kerja, mengelola dan memanfaatkan waktu dengan baik, mendelegasikan pekerjaan
, Memiliki komunikasi yang mudah dengan anggota keluarga, dll dalam jangka panjang dapat membantu untuk mengurangi stres.

- Terakhir, jika Anda mengalami stres di luar kendali dan tidak dapat menyingkirkan efeknya, segeralah meminta bantuan profesional. Dengan cara ini, Anda dapat mencegah gangguan kesehatan yang parah yang disebabkan karena stres.

Ketika kita dapat mengidentifikasi tanda-tanda dan gejala stress, kita dapat memilih pengobatan yang efektif untuk menghindari komplikasi kesehatan lebih lanjut, dan menjalani hidup sehat. Perlu dicatat bahwa setiap obat dimaksudkan untuk kegelisahan, depresi atau gangguan tidur harus dengan resep dokter.
Inilah Tanda dan Gejala Stress Pada Wanita 4.5 5 Lak Rabu, 25 September 2013 Stres sering dialami banyak orang karena gaya hidup masa kini yang serba cepat. Dengan cara yang sederhana, Stress dapat didefinisikan se...