Tips Jitu Manajemen Stress di Tempat Kerja

 On Rabu, 25 September 2013  

Stress di tempat kerja adalah hal yang normal, namun stress yang berlebihan dapat mengganggu produktivitas dan bisa berdampak pada kesehatan fisik dan emosional. Kemampuan untuk mengatasinya dapat berarti perbedaan antara keberhasilan atau kegagalan. Kita tidak dapat mengendalikan segala sesuatu di lingkungan kerja, tapi itu tidak berarti bahwa kita tidak berdaya. Mencari cara untuk mengelola stres di tempat kerja bukan tentang membuat perubahan besar melainkan tentang fokus pada satu hal yang selalu dalam kendali kita yaitu diri kita sendiri.

Bagi pekerja dimanapun berada "PHK" dan "pemotongan anggaran" merupakan kata-kata yang efeknya meningkatan ketakutan, ketidakpastian, dan tingkat stres yang lebih tinggi. Karena pekerjaan dan tempat kerja meningkatkan stres pada saat krisis ekonomi, penting untuk mempelajari cara-cara baru dan lebih baik untuk mengatasi tekanan. Stres berdampak pada kualitas interaksi dengan orang lain. Semakin baik dalam mengelola stres, semakin positif mempengaruhi orang-orang di sekitar kita. Ada berbagai langkah yang dapat diambil untuk mengurangi tingkat stress di pekerjaan dan di tempat kerja.

- Mengambil tanggung jawab untuk meningkatkan fisik dan kesejahteraan emosional.

- Menghindari perangkap kebiasaan buruk dan sikap negatif yang menambah stres di tempat kerja.

- Belajar keterampilan komunikasi yang lebih baik untuk memudahkan dan meningkatkan hubungan dengan manajemen dan rekan kerja.

Tips 1: Kenali Tanda stres yang berlebihan di tempat kerja

Ketika merasa kewalahan di tempat kerja, kita bisa kehilangan kepercayaan diri dan dapat menjadi mudah marah. Hal ini dapat membuat kita kurang produktif dan kurang efektif dalam pekerjaan, dan membuat pekerjaan tampak kurang bermanfaat. Jika kita mengabaikan tanda-tanda peringatan ini, mereka dapat menyebabkan masalah yang lebih besar. Selain mengganggu kinerja, stres kronis atau intens juga bisa menyebabkan masalah kesehatan fisik dan emosional.

Tip 2: Mengurangi stres dengan merawat diri sendiri

Ketika stres di tempat kerja mengganggu kemampuan untuk  kita menyelesaikan pekerjaan atau berdampak negatif terhadap kesehatan, saatnya untuk mengambil tindakan. Mulailah dengan memperhatikan kesehatan fisik dan emosional. Semakin Anda merasa baik, semakin baik plua kemampuan untuk mengelola stres kerja tanpa menjadi kewalahan.

Merawat diri sendiri tidak memerlukan perbaikan gaya hidup secara total. Bahkan hal-hal kecil dapat mengangkat suasana hati, meningkatkan energi. Ambil pilihan gaya hidup yang lebih positif, Anda akan segera melihat penurunan tingkat stres, baik di rumah maupun di tempat kerja.

Tip 3: Mengurangi stres kerja dengan memprioritaskan


Ketika pekerjaan dan stres kerja mengancam, ada beberapa langkah sederhana yang dapat diambil untuk mendapatkan kembali kontrol terhadap situasi dan diri sendiri. Kemampuan untuk mempertahankan rasa kontrol diri dalam situasi stres akan  diterima dengan baik oleh rekan kerja, manajer, dan bawahan , yang dapat menyebabkan hubungan yang lebih baik di tempat kerja.

Tip 4: Mengurangi stres kerja dengan meningkatkan kecerdasan emosional


Bahkan jika Anda berada dalam pekerjaan di mana lingkungan telah tumbuh semakin banyak stres, Anda dapat mempertahankan kontrol diri dan kepercayaan diri yang besar dengan pemahaman dan berlatih kecerdasan emosional. Kecerdasan emosional adalah kemampuan untuk mengelola dan menggunakan emosi  dengan cara yang positif dan konstruktif. Ketika datang ke kepuasan dan keberhasilan dalam pekerjaan, kecerdasan emosional penting seperti halnya kemampuan intelektual. Kecerdasan emosional adalah tentang berkomunikasi dengan orang lain dalam cara yang menarik, mengatasi perbedaan, memperbaiki perasaan yang terluka, dan meredakan ketegangan dan stres.

Tip 5: Mengurangi stres kerja dengan memecahkan kebiasaan buruk


Ketika belajar untuk mengelola stres pada pekerjaan dan meningkatkan hubungan kerja, Anda akan memiliki kontrol lebih besar untuk berpikir jernih dan bertindak dengan tepat. Anda akan dapat menghentikan kebiasaan yang menambah stres di tempat kerja - dan  dapat mengubah cara berpikir negatif tentang hal-hal yang hanya menambah stres.
Tips Jitu Manajemen Stress di Tempat Kerja 4.5 5 Lak Rabu, 25 September 2013 Stress di tempat kerja adalah hal yang normal, namun stress yang berlebihan dapat mengganggu produktivitas dan bisa berdampak pada keseh...